Jumat, 13 Juli 2012

KEBUN RAYA CIBODAS: BUKAN SEKEDAR JALAN-JALAN


Jalan setapak menuju Air Terjun (Foto: Harry Hikmatullah)
 
Kebun botani yang khusus mengkoleksi tumbuhan dataran tinggi ini menyimpan pengalaman piknik yang memacu adrenalin. Beberapa bulan yang lalu, saya mendapat tugas untuk meliput kebun raya ini. Awalnya, saya pikir hanya akan jalan-jalan cantik di sekitar area pepohonan yang hijau. Tapi, ternyata ada acara mendaki segala. Beruntung saya tidak salah kostum waktu itu karena memakai sepatu kets dan legging, sehingga bisa mendaki lebih nyaman. Apa aja sih yang ada di sana? Berikut ini adalah hasil penelusuran saya. Selamat menikmati :))

What’s here
Terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Cianjur, selain terkenal dengan air terjun Ci Ismun yang perjalanannya cukup memacu adrenalin, di kebun raya ini juga terdapat Air Terjun Cibogo dan Jalan Air yang terdapat di Sakura Garden (Taman Sakura). Selain itu, terdapat juga koleksi tanaman obat, Rumah Kaca yang merupakan tempat pemeliharaan bibit tanaman, dan Taman Rhodendron yang cantik. Meskipun perlu sedikit usaha untuk menikmati keindahan taman yang berbentuk bukit ini, dijamin deh tidak akan kecewa ketika sampai di atas taman Rhodendron, karena kita bisa menikmati keindahan Taman Sakura yang terletak tepat di depan taman Rhodendron. Jadi inget, waktu itu saya membawa fotografer yang sudah berumur, mas Harry Hikmatullah yang biasa dipanggil mas Ai, tapi biasa saya panggil Grandpa. Rasanya nggak tega ngeliat dia ngos-ngosan waktu mendaki menuju air terjun. Tapi apa boleh buat, namanya juga kerjaan. Berkali-kali saya menyemangati grandpa dan saya ajak becanda biar tetap oye melanjutkan perjalanan.
Ini dia Air Terjunnya (Foto: Harry Hikmatullah)


What to do
Selain bisa menikmati keindahan taman-taman kecil, di seputar Kebun Raya Cibodas kita bisa menggelar tikar dan menikmati hijaunya perbukitan sambil menikmati sepotong roti dan segelas jus buah. Jika ingin pengalaman piknik yang lebih berkesan, Anda bisa mengikuti jalur tracking menuju Air Terjun Ci Ismun. Tapi ingat, cukup membawa perbekalan yang sederhana saja, biar nggak kerepotan saat melewati tanjakan dan tangga batu menuju air terjun ini. Sesampainya di area air terjun, Anda bisa bermain di air terjun yang airnya sangat menyegarkan sembari menikmati segelas kopi yang bisa dibeli dari penjaja di dekat area ini. Jujur saja, karena waktu itu hanya ada satu warung yang berjualan dan perut sudah krucuk-krucuk, akhirnya saya, grandpa, dan kedua teman saya (@dimasdimce dan @tinedeh) terpaksa makan di warung tersebut dengan menu seadanya, yaitu mi instan T.T. Tapi ada satu hal yang perlu diingat. Jika datang di bulan Mei, kita bisa melihat cantiknya bunga sakura yang tumbuh di Taman Sakura. Kebetulan waktu itu saya datang di bulan April, jadi sayang banget nggak bisa liat sakuranya. But it's okay, overall, Cibodas is a great place to go!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar